Siklus Hidup Mahasiswa dan Malaikat Pencabut Nyawa



 Semester enam kata kakak tingkat “semester yang paling deket dengan izroil”. Maksudnya paling deket dengan izroil apa? Kata mereka sambil bercanda, izroil malaikat pencabut nyawa. Seorang mahasiswa akan mengami masa aktif dan masa pasca aktif. Masa aktif akan berlaku ketika masih duduk disemester satu sampai tujuh, jika sudah masuk keangka delapan, berarti sudah masuk kemasa tenggang. Sedangkan masa sesudah aktif adalah ketika kartu tanda alumni kampus, tersimpan bersama STNK dan SIM didompet anda.


Kenapa kita dekat dengan izroil,? Masa aktif menjadi seorang mahasiswa saya bayangkan seperti siklus hidup manusia. Siklus hidup akan terus saja berputar, dari kecil, muda, dewasa, dan tua. Setelah menjadi tua seseorang kemudian akan meninggal dunia karena diambil nyawanya oleh izroil.

               
Sama seperti mahasiswa yang ketika pertamakali masuk kuliah, atau masuk disemester pertama, seakan baru saja lahir didunia. kemudian masuk kesemester kedua,  akan berkembang menjadi anak-anak yang mulai mengenali nama-nama benda dan mencoba memakan apapun yang ada dihadapannya, dan memuntahkan yang tidak enak dimakannya. berikutnya disemester ketiga, akan  dituntut untuk mandi sendiri, sudah mampu berjalan bahkan berlari, makan tidak perlu disuapi, cukup sediakan sendok dan piring, anak-anak akan mengambil sendiri sesuai dengan porsinya.

Menuju semester keempat, kita mulai diajari bagaimana mencari nafkah sendiri, ada yang mulai bekerja paruh waktu, jualan online, atau yang sering terjadi tapi menyimpang yaitu, menafkahi pacar, eh. Lanjut kesemester lima kita diajak untuk mengenal lebih jauh tentang strategi yang tepat digunakan untuk persiapan malamar kerja atau merintis usaha bisnis. Disemester enam, kita juga akan mengalami masa dimana waktu kuliah akan lebih cepat dari pada mengerjakan tugasnya. 

Semester tujuh dan delapan, malaikat pencabut status mahasiswa sudah mulai mengintai, dan menanyakan, apa judul yang akan anda ajukan?  sudah sampai kebab berapa?  hal apa saja yang pernah anda lakukan dimasa aktif? kenapa anda sampai dimasa tenggang?   pertanyaan terakhir akan saya jawab, karena beli kartu perdana lebih murah daripada beli pulsa. serta sulitnya mendapatkan tanda tangan Rokib dan Atit kampus.

Namun semua itu tidak akan sulit jika anda kuliah diUDINUS, kampus unggulan dengan fasilitas laboratorium komputer terbaik disemarang, karena sering disewa Akpol untuk ujian masuk kepolisian, eh.

Tidak hanya didukung fasilitas fisik saja dalam proses perkuliahan, fasilitas non fisik seperti Organisasi-organisasi kemahasiswaan yang terbuka untuk mahasiswa udinus, tergantung kamu dari progdi atau fakultas apa!. Ada HMJ dimasiing-masing jurusan, kemudian ada juga BEM, DPM, MPM disetiap Fakultas, dan BEM KM khususon untuk mahasiswa dari semua jurusan dan fakultas. 

Jika kamu tidak ingin dibatasi dengan kelas – kelas, program studi atau fakultas, kamu juga bisa bergabung dengan Unit kegiatan Mahasiswa yang ada di UDINUS. Terdapat UKM olahraga yang dapat membuat kamu lebih bugar, jika mau mengikuti latihannya. Ada juga seni, teater, music dan pecinta alam serta pramuka, semuanya tidak dipungut biaya, alias gratis!!!, tapi kalau kamu masuk jadi anggota UKM, saya tidak bisa menjamin kalau tidak ada iuran bulanan internal UKM. Semua sebanding dengan administrasi dan tetek benget yang dibayarkan. Jadi, kalau kamu masih nyetatus menjadi mahasiswa kecapung, eh kupu-kupu, segera deh, gabung keormawa atau UKM yang ada diUdinus. 

Ada beberapa fasilitas yang sering diabaikan oleh teman-temin mahasiswa  hanya dipakai ketika input KRS dan log in siadin, apa coba? iyap, email mahasiswa. Google mail bekerja sama dengan Udinus untuk mempermudah mahasiswa dalam mengirim dan menyimpan file digmail. kalau kamu pengguna gmail, kamu hanya akan dibatasi penyimpanan ruang sampai 15 Gb saja. Dengan fasilitas email mahasiswa kamu bisa mengirim, menyimpan, kirim lagi, simpan lagi sampai unlimited.  Yang baru-baru ini sedang disosialisasikan oleh PSI Udinus yaitu Student Blog. so, manfaatkan  fasilitas ini baik-baik ya!.

Ada juga fasilitas lain yang disediakan khusus buat kamu yang suka, atau bahkan punya passion dibidang kewirausahaan. Udinus menyediakan tenda kewirausahaan yang hanya disewakan khusus buat kamu, mahasiswa aktif UDINUS untuk berjualan ditenda kewirausahaan. Kamu akan dipandu oleh penanggung jawab bidang kewirausahaan kampus, insyaallah para pakar yang akan membimbing kamu yang akan atau sedang merintis bisnis. Karena Udinus merupakan universitas yang memiliki visi menjadi kampus pilihan utamadibidang pendidikan dan kewirausahaan. 


Kalau kamu lulus nanti dan sudah melamar kerja dimanapun tapi masih belum diterima, jangan khawatir, kamu sedang kuliah dikampus berbasih teknologi dan kewirausahaan. Udinus  akan melatih mahasiswanya yang memiliki passion ataupun tidak dibidang kewirausahaan, melalui kuliah-kuliah entrepreneur dan event-event tahunan khusus kewirausahaan. Sehingga kamu bisa mengambil jalan wirausaha dan membuka peluang kerja lebih luas.

Jadi setelah lulus nanti kita sudah mendapatkan bekal hardskill dan softskill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Pelatihan kepemimpinan dan manajerial juga didapatkan didalam kelas-kelas kuliah dengan dosen atau diapatkan diluar kelas, dengan mengikuti organisasi-organisasi atau UKM yang ada.  


Komentar

Posting Komentar